September 30, 2022
11 11 11 AM
Apakah Karma itu ada? Icardi
Negara Bahama
Gallus gallus domesticus
Pengertian Internet
Mike Shinoda
Chester Bennington
Latest Post
Apakah Karma itu ada? Icardi Negara Bahama Gallus gallus domesticus Pengertian Internet Mike Shinoda Chester Bennington

Gallus gallus domesticus

Ayam (Gallus gallus domesticus)

adalah subspesies unggas hutan merah yang didomestikasi yang berasal dari Asia Tenggara. Ayam jago atau cock adalah sebutan untuk burung jantan dewasa, dan jantan yang lebih muda bisa disebut ayam jantan.

Seorang laki-laki yang telah dikebiri adalah capon. Burung betina dewasa disebut ayam betina dan betina yang belum dewasa secara seksual disebut pullet.

Awalnya dibesarkan untuk sabung ayam atau untuk upacara khusus, ayam tidak dipelihara untuk makanan sampai periode Helenistik (abad ke-4-2 SM). Manusia sekarang memelihara ayam terutama sebagai sumber makanan (mengkonsumsi daging dan telurnya) dan sebagai hewan peliharaan.

Ayam adalah salah satu hewan peliharaan yang paling umum dan tersebar luas, dengan total populasi 23,7 miliar pada 2018, naik dari lebih dari 19 miliar pada 2011. Ada lebih banyak ayam di dunia daripada burung lainnya. Ada banyak referensi budaya untuk ayam – dalam mitos, cerita rakyat dan agama, dan dalam bahasa dan sastra.

Studi genetik telah menunjukkan beberapa asal ibu di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur, tetapi clade yang ditemukan di Amerika, Eropa, Timur Tengah dan Afrika berasal dari anak benua India. Dari India kuno, ayam menyebar ke Lydia di Asia Kecil bagian barat, dan ke Yunani pada abad ke-5 SM.

Unggas telah dikenal di Mesir sejak pertengahan abad ke-15 SM, dengan “burung yang melahirkan setiap hari” berasal dari tanah antara Syria dan Shinar, Babilonia, menurut catatan sejarah Thutmose III.

Ayam adalah omnivora. Di alam liar, mereka sering mencakar tanah untuk mencari benih, serangga bahkan hewan besar seperti kadal, ular kecil, atau tikus muda.

See also  Jenis jenis Bus

Rata-rata ayam dapat hidup selama 5-10 tahun, tergantung pada jenisnya. Ayam tertua di dunia yang diketahui adalah ayam yang mati karena gagal jantung pada usia 16 tahun menurut Guinness World Records.

Ayam jantan biasanya dapat dibedakan dari ayam betina dengan bulu mencolok dari ekor panjang yang mengalir dan bulu runcing mengkilap di leher mereka (‘hackles’) dan punggung (‘saddle’), yang biasanya lebih cerah, warna lebih berani daripada betina dari ras yang sama.

Namun, pada beberapa ras, seperti ayam Sebright, ayam jantan hanya memiliki bulu leher yang sedikit runcing, warna yang sama dengan ayam betina. Identifikasi dapat dilakukan dengan melihat sisir, atau akhirnya dari perkembangan taji pada kaki jantan (pada beberapa breed dan pada hibrida tertentu, anak ayam jantan dan betina dapat dibedakan berdasarkan warna).

Ayam dewasa memiliki jambul berdaging di kepalanya yang disebut jengger, atau jengger, dan lipatan kulit yang menggantung di kedua sisi di bawah paruhnya yang disebut pial. Secara kolektif, ini dan tonjolan berdaging lainnya di kepala dan tenggorokan disebut caruncles. Baik jantan maupun betina dewasa memiliki pial dan jengger, tetapi pada sebagian besar breed ini lebih menonjol pada jantan. ‘Muff’ atau ‘beard’ adalah mutasi yang ditemukan pada beberapa ras ayam yang menyebabkan bulu-bulu ekstra di bawah wajah ayam, memberikan tampilan janggut.

Ayam domestik tidak mampu terbang jarak jauh, meskipun ayam yang lebih ringan umumnya mampu terbang untuk jarak pendek, seperti melewati pagar atau ke pohon (di mana mereka akan bertengger secara alami). Ayam kadang-kadang terbang sebentar untuk menjelajahi lingkungan mereka, tetapi umumnya melakukannya hanya untuk melarikan diri dari bahaya yang dirasakan.

  • Nah, kalau kalian tertarik untuk belajar peternakan bisa langsung di website ini ya www.sinauternak.com
See also  Negara Bahama

Leave a Reply

Your email address will not be published.