June 28, 2022
11 11 11 AM
Apakah Karma itu ada? Icardi
Negara Bahama
Gallus gallus domesticus
Pengertian Internet
Mike Shinoda
Chester Bennington
Latest Post
Apakah Karma itu ada? Icardi Negara Bahama Gallus gallus domesticus Pengertian Internet Mike Shinoda Chester Bennington

Giuseppe Tartini Biography

Giuseppe Tartini

(8 April 1692 – 26 Februari 1770) adalah  seorang komposer dan pemain biola Barok Italia yang lahir di Republik Venesia.

Tartini lahir di Piran (sekarang bagian dari Slovenia), sebuah kota di semenanjung Istria, di Republik Venesia dari pasangan Gianantonio – penduduk asli Florence – dan Caterina Zangrando, keturunan salah satu keluarga Piranese aristokrat tertua.

Tampaknya orang tua Tartini bermaksud agar dia menjadi seorang biarawan Fransiskan [rujukan?] dan, dengan cara ini, dia menerima pelatihan musik dasar. Tartini belajar biola pertama kali di collegio delle Scuole Pie di Capodistria (sekarang Koper)

Ia belajar hukum di Universitas Padua, di mana ia menjadi ahli dalam anggar. Setelah kematian ayahnya pada tahun 1710, ia menikahi Elisabetta Premazore, seorang wanita yang tidak akan disetujui ayahnya karena kelas sosialnya yang lebih rendah dan perbedaan usia. Sayangnya, Elisabetta adalah favorit Kardinal Giorgio Cornaro yang kuat, yang segera menuduh Tartini melakukan penculikan. Tartini melarikan diri dari Padua untuk pergi ke biara St. Fransiskus di Assisi, di mana dia bisa lolos dari tuntutan. Di Assisi ia belajar di bawah bimbingan B. M. ernohorský.

Legenda mengatakan ketika Tartini mendengar Francesco Maria Veracini bermain pada tahun 1716, dia terkesan dan tidak puas dengan keahliannya sendiri. Dia melarikan diri ke Ancona dan mengunci diri di sebuah ruangan untuk berlatih, menurut Charles Burney, “untuk mempelajari penggunaan busur dengan lebih tenang, dan dengan lebih nyaman daripada di Venesia, karena dia memiliki tempat yang ditugaskan kepadanya di orkestra opera kota itu”.[6]

Keterampilan Tartini meningkat pesat dan, pada tahun 1721, ia diangkat sebagai Maestro di Cappella di Basilica di Sant’Antonio di Padua, dengan kontrak yang memungkinkan dia bermain untuk institusi lain jika dia mau. Di Padua ia bertemu dan berteman dengan sesama komposer dan ahli teori Francesco Antonio Vallotti. Antara 1723 dan 1725 ia berada di Praha, di mana ia menjadi penguasa kapel Count Kinsky.

See also  London Stock Exchange

Tartini adalah pemilik biola pertama yang diketahui dibuat oleh Antonio Stradivari pada tahun 1715, yang diberikan Tartini kepada muridnya Salvini, yang pada gilirannya memberikannya kepada komposer Polandia dan pemain biola virtuoso Karol Lipiński setelah mendengarnya tampil: instrumen ini dikenal sebagai Lipinski Stradivarius. Tartini juga memiliki dan memainkan biola Antonio Stradivarius ex-Vogelweith dari tahun 1711.

  • Begini Tutorial Cara Memegang Biola dan bow.

Pada 1726, Tartini memulai sekolah biola yang menarik siswa dari seluruh Eropa. Lambat laun, Tartini menjadi lebih tertarik pada teori harmoni dan akustik dan dari tahun 1750 hingga akhir hayatnya ia menerbitkan berbagai risalah, di mana ia juga menangani masalah teori musik secara matematis. Dia meninggal di Padua.

Kota asal Tartini, Piran (Slovenia), sekarang memiliki patungnya di alun-alun, yang merupakan pelabuhan tua, awalnya Romawi, bernama Tartini Square (Slovenia: Tartinijev trg, Italia: Piazza Tartini). Berlumpur dan usang, pelabuhan dibersihkan dari puing-puing, diisi, dan dibangun kembali. Salah satu gudang batu tua sekarang adalah Hotel Giuseppe Tartini. Ulang tahunnya dirayakan dengan konser di katedral kota utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.